Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam

.
Kali ini saya akan mengutarakan tentang Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam. Sebagai peternak atau penghobi ayam baik ayam aduan atau jenis ayam lainnya yang merupakan peliharaan kita sangat jengkel jika ayam kesayangan kita terkena penyakit bubul. Oleh kerena itu kali ini saya akan mengungkapkan rahasianya tentang Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam. sebelum kita melakukan pengobatan bubul di kaki ayam, kita harus mengetahui seberapa parah ayam terkena penyakit bubul tersebut. Karena dalam mengobati bubul ayam tergantung parahnya kaki ayam bubulan itu.

Penyakit bubul dikerenakan oleh bakteri yang masuk di dalam kaki ayam yang sedang luka atau lecet. bakterinya bisa berupa kotoran ayam, tanah dan sisa-sisa makanan yang sedang membusuk. Adapun cara mengobatinya bisa sebagai berikut:

1. Jika ayam kita yang terkena penyakit bubul itu baru sedikit atau belum parah bisa dilakukan pengobatan dengan cara dibersihkan dengan air hangat lalu setelah bersih kaki ayam tersebut kita balut dengan hansaplas. Dengan catatan penyakit bubul ayam tersebut baru sedikit sekali dan keadaan bubul belum membengkak.

2. Jika ayam yang terkena penyakit bubul itu sudah mulai membengkak dan bisa dikatakan parah, cara mengobatinya harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh, karena penyakit bubul ini sulit sekali sembuhnya. Dan jika kita biarkan saja penyakit itu sulit sekali sembuh dalam sendirinya bahkan bisa menjadi lebih parah dan makin parah. Karena ayam yang terkena bubul itu jika berjalan bubulnya makin membengkak dan makin parah. Cara mengobatinya dengan cara terlebih dahulu kita bersihkan dulu kaki ayam yang bubulan tersebut dengan air hangat, lalu setelah bersih kita balut dengan kain. Dengan catatan balutan diharuskan tebal dan empuk. Jika kita menggunakan kain yang agak tipis kita harus membalutnya dengan balutan yang berkali kali hingga tebal dengan tujuan jika ayam berjalan kaki ayam bubulan itu tidak membengkak lagi. Jika rajin memeriksanya balutan tersebut insaallah dalam waktu kurang dari 3bulan pengakit itu sudah kering dan mengecil. Namun jika kita menginginkan kaki ayam bubulan itu segera sembuh dengan lebih cepat saya akan berbagi pengalaman saya tentang Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam. adapun caranya sebagai berikut:

Persiapkan dulu sandal jepit bekas, pisau/cuter dan plaster. Setelah alat-alat tersebut sudah dipersiapkan lalu buatlah sandal ayam yang membentuk sandal ayam yang mirip dengan bentuk jari-jari dari ayam tersebut. Cara memakainya; letakkan kaki ayam yang bubulan tersebut diatas sandal yang kita buat tadi dan membalutnya dengan plaster. Namun cara ini kita harus rajin rajin dalam memeriksanya, karena biasanya ayam tersebut setelah kita beri sandal ayam itu suka mematukinya dan dihawatirkan sandal tersebut lepas. Jika kita rajin dalam memeriksanya biasanya ayam akan sembuh dari bubulan kurang dari 1bulan.

Cara Menghindari Ayam Bubulan


Untuk menghindari ayam kita dari bubulan, sebaiknya sering-sering kita membersihkan kaki ayam kesayangan kita setelah di abar ataupun di adu. Karena biasanya ayam setelah diabar kaki ayam biasanya terluka. Jika luka itu tidak dibersihkan  akan menimbulkan penyakit bubul terlebih jika telapak kaki ayam terdapat benjolan/terlihat seperti ada dagingnya ayam seperti ini akan mudah terkena bubulan.